SEPUTAR EKONOMI ISLAM

SEPUTAR EKONOMI SYARIAH “Islamic Economics is Social science which studies the economics problems of a people imbued with the value of Islam.” (Abdul Mannan) By: EDWARN ABAZEL STYLE

Jumat, 19 September 2014



Sambut Pasar Bebas, LPPOM MUI Gelar INDHEX
                                                    Edwarn Esay,20 september 2014
Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) akan menggelar International Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2014 pada Oktober mendatang. INDHEX ini bertujuan untuk membangun masyarakat loyal produk halal dalam menyambut perdagangan bebas ASEAN 2015.
Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) akan menggelar International Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2014 pada Oktober mendatang. Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim saat ditemui di Jakarta mengatakan, Index 2014 adalah agenda rutin LPPOM MUI yang tahun ini memasuki pelaksanaan ke empat kali dan akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 22 hingga 25 Oktober.
Lukmanul menegaskan, Index 2014 bertujuan untuk membangun masyarakat loyal produk halal dalam menyambut perdagangan bebas ASEAN 2015 . Dengan adanya konsumen loyal terhadap produk halal diharapkan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Sehingga Indonesia mempunyai kekuatan ekspor di luar negeri melalui pemantapan peran sebagai Pusat Halal Dunia. Baca juga: Sertifikat Halal Berikan Daya Saing.
Lebih lanjut Lukman menuturkan, pemahaman konsumen masyarakat dunia semakin tinggi terhadap produk halal, bahwa produk halal adalah produk berkualitas. LPPOM MUI sebagai lembaga Sertifikat Halal turut membangun kepedulian terhadap produk halal dengan memberikan informasi dan melaksanakan berbagai sosialisasi halal. Salah satunya melalui agenda regular INDHEX yang digelar setiap tahun.
Peserta INDHEX 2014 yang akan hadir yaitu produsen halal dari dalam dan luar negeri, lembaga sertifikasi halal luar dan dalam negeri, Usaha Kecil Menengah (UKM) dari seluruh propinsi di Indonesia, instansi atau perusahaan terkait, lembaga profesi, akademisi dan media.
Sedangkan rangkaian acara yang akan diadakan adalah expo produk halal, training halal bertaraf internasional yang diikuti peserta dari berbagai negara, simposium dan kongres internasional halal reseach,kompetisi halal, road show dan masih banyak lagi.
Pada tahun 2013, LPPOM MUI menggelar INDHEX di JIExpo Kemayoran dengan diikuti 150 peserta dalam dan luar negeri. Dihadiri 12.285 pengunjung, yang terdiri dari eksportir, hotel dan restoran, perbankan, institusi pemerintah, distributor ritel, lembaga halal dunia dan profesional. ”Diharapkan INDHEX 2014 mengharumkan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia,” pungkas Lukman.