Baitul Mal Wa Tamwil atau disingkat BMT memang bukan bank. Karena lembaga keuangan ini termasuk dalam kategori Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Namun demikian, meskipun BMT bukan bank, namun bagi para nasabah BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri, Pasuruan, mereka kini bisa menikmati fasilitas kartu ATM yang biasanya dikeluarkan oleh sebuah bank.
BRI-syariahLayanan ATM tersebut, bisa para nasabah BMT UGT Sidogiri ini nikmati berkat telah terjalinnya kerjasama antara BankBRISyariah sebagai bank ritel syariah modern, dengan Koperasi Simpan Pinjam Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri, dalam rangka penyediaan layanan Host To Host Online.
Kerjasama ini dikukuhkan dalam acara penandatanganaan nota kesepahaman yang dilakukan kedua belah pihak pada akhir pekan lalu (18/9/14) dalam acara Rakornas BMT UGT Sidogiri di Lawang, Malang. Acara penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama BMT UGT Sidogiri – Abdul Majid dan Direktur Utama PT. BankBRISyariah – Moch Hadi Santoso.
Lingkup kerjasama yang dilakukan BRISyariah dengan BMT UGT Sidogiri meliputi 5 hal, yaitu Layanan Host To Host Co-Branding ATM Card BMT Sidogiri dengan BRISyariah.
“Dengan fasilitas ini, nasabah BMT UGT Sidogiri dapat menggunakan kartu ATM Co Branding BRISyariah untuk menarik uang dari rekeningnya di BMT UGT Sidogiri melalui 504 mesin ATM BRISyariah, Jaringan ATM Bersama dan ATM Prima secara real time online,” jelas Moch. Hadi Santoso.
Layanan yang kedua adalah Virtual Account Online yang memberikan akses kepada rekening BMT UGT Sidogiri untuk dapat menerima transaksi kiriman dana dari seluruh bank secara real time online.
Berikutnya, layanan ketiga adalah Remittance Online, pengiriman uang secara real time online dari pengirim uang di dalam dan luar negeri untuk disampaikan kepada rekening tujuan kiriman uang di BMT UGT Sidogiri.
Sedangkan, yang keempat adalah kerjasama pemberdayaan ekonomi umat dan pengembangan masyarakat di lingkungan BMT UGT Sidogiri melalui program dana sosial BRISyariah dan pihak ketiga lainnya. Dan kerjasama yang kelima adalah sosialisasi sistem ekonomi syariah di lingkungan BMT UGT Sidogiri pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Moch. Hadi Santoso menambahkan, “Dengan kerjasama ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, dan secara khusus bagi kedua belah pihak merupakan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan menggalang kemitraan, sinergi dan potensi untuk mendukung kegiatan usaha baik pihak BMT UGT Sidogiri maupun pihak BRISyariah.
”Sebagai tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman ini, BRISyariah menempatkan mesin ATM di halaman kantor pusat BMT UGT Sidogiri dan lokasi kantor-kantor cabang lainnya yang memiliki lokasi strategis dan potensi pengembangan market yang potensial. Juga dilakukan pembuatan 300.000 kartu ATM Co Branding, rekening Virtual Account BMT UGT Sidogiri di sistem Virtual Account Online BRISyariah.
PT Bank BRISyariah sendiri yang mengusung tagline Bersama Wujudkan Harapan Bersama, memang menitikberatkan pasarnya pada individu dan bisnis wirausaha baik skala kecil maupun menengah.
Strategi bisnis BRISyariah menitikberatkan pasarnya pada individu dan bisnis wirausaha baik skala kecil maupun menengah. Untuk kedua segmen tersebut, serangkaian produk dan jasa perbankan berbasis syariah yang ditawarkan adalah: 1.Produk Penghimpunan Dana (Tabungan Faedah BRISyariah iB, Tabungan Impian BRISyariah iB, Giro BRISyariah iB, Deposito BRISyariah iB, Tabungan Haji BRISyariah iB), 2. Produk Penyaluran Dana (Pembiayaan Komersil BRISyariah iB, Pembiayaan SME & Linkage BRISyariah iB, Mikro BRISyariah iB) dan 3. Produk Pembiayaan Konsumer (KPR, KPR Sejahtera, KKB, Pembiayaan Umrah, Gadai) dan 4. Layanan Akses (Remittance BRISyariah iB, Mini Banking, SMSBRIS MobileBRIS, Internet Banking BRIS, Cash Management System (CMSBRIS), ATM/EDC/Telephone Banking).