Kota Bandung selalu menjadi buruan wisatawan. Lihatlah ketika weekend, jalanan padat oleh kendaraan ber plat nomor B. Begitupun hotel, selalu fully booked. Potensi ini dilirik oleh jaringan Hotel Sofyan.
Hotel Sofyan perluas jaringan
Penandatangan Kerjasama Sofyan Hotel Management & Consultant dengan PT Specia Berkah Jaya untuk pengelolaan Hotel Specia Bandung, Jawa Barat (28/8).
Demi merengkuh pasar hospitaliti di kota Bandung, Sofyan Hospitality mengambil alih hotel lokal, mereka menyulapnya menjadi Sofyan Inn Specia Hotel & Meeting Rooms.
“Sofyan Inn Specia ini mejadi hotel jaringan ke sepuluh di Indonesia, dan kedua di Jawa Barat setelah Bogor,” ujar Executive Director Sofyan Hospitality, Ruhadi Widiargo di Bandung, Selasa. Baca juga: Satu Lagi Konversi Hotel Menjadi Syariah
Ke depan, jaringan Hotel Sofyan berencana membuka hotel serupa di sejumlah daerah di Jawa Barat. Namun pihaknya belum bisa menyampaikan lokasi yang sedang dibidik.
“Untuk sementara kami fokus dengan 10 hotel termasuk bandung. Kami inginmembesarkan konsep berkonsep syariah ini,” ungkapnya.
Konsep syariah yang dimaksud bukan berarti dikhususkan untuk muslim, eksklusif, atau memasing simbol-simbol tertentu. Karena jika itu dilakukan, bisnis hotel tidak akan berjalan lanca. Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu ada hotel berkonsep syariah di Bandung, namun tak bisa bertahan karena terlalu eksklusif.
Karena itu, konsep syariah yang diusung jaringan Hotel Sofyan lebih ke makanan yang sehat untuk orangtua dan anak-anak, lingkungan yang bersih, nyaman, serta pelayanan yang ikhlas. Sedangkan penampilan bisa lebih trendi dan terbuka untuk umum, dari bangsa dan agama apapun.
“Kami berdakwah di dunia modern. Hotel kami nyaman plus halal dan sehat. Seperti bagi yang suka merokok, kami menyediakan tempat khusus. Kami juga tidak menerima pasangan buan muhrim. Pasangan bukan muhrim hanya bisa diterima di resto dan lobi,” terangnya.
Rudian mengaku, saat ini sudah ada dua hotel berkonsep syariah di Bandung. Namun yang betul-betul berkonsep syariah baru Sofyan Inn Hotel.
Ketika ditanya tentang saingan perhotelan di Bandung yang begit ketat, dia optimistis bisa bersaing. Bahkan, ia menargetkan okupansi hotel di tahun pertama berkisar 60-70 persen.
“Bicara Bandung itu gak akan ada habisnya. Bahkan orang luar selalu beranggapan gaya kalau bisa liburan ke Bandung. Bicara liburan, Bandung pastimenjadi salah satu tempat yang dituju para pelancong domestik maupun mancanegara,” imbuhnya.
Untuk sementara, Hotel Sofyan Inn Bandung masuk kelas II dengan jumlah kamar RC. Terdiri dari Superior 16 kamar, deluxe 10 kamar dan eksekutif 2kamar. Ke depan, jumlah kamar akan ditingkatkan dan mengubah hotel menjadi kelas 3 atau 4. Namun untuk perubahantersebut memerlukan waktu.